English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
"PANCASILA" merupakan sumber dari segala sumber hukum negara. "UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945" merupakan hukum dasar dalam Peraturan Perundang-undangan. "NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA" merupakan konsensus dalam mewujudkan perjuangan bangsa Indonesia yang bersatu. "BHINNEKA TUNGGAL IKA" merupakan solusi dari kemajemukan bangsa.

Selasa, 10 Juli 2012

WIDYAISWARA GO BLOG

Widyaiswara sebagai salah satu jabatan fungsional mempunyai tugas meningkatkan kualitas sumberdaya manusia bidang aparatur melalui pendidikan dan pelatihan (diklat). Widyaiswara merupakan satu komponen yang sangat menentukan keberhasilan pelaksanaan diklat sebagaimana tercantum dalam PP No 101 Tahun 2000 tentang Diklat Bagi PNS. Hal tersebut dipertegas dalam Peraturan Menteri Negara PAN Nomor 14 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Widyaiswara dan Angka Kreditnya. Salah satu tugas widyaiswara selain mekukan tatap muka di kelas adalah melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Penulisan KTI dilaksanakan dalam rangka pengembangan profesi widyaiswara sebagai konsekuensi logis perkembangan zaman dan ilmu pengetahuan. Penulisan KTI juga diatur dalam Permen PAN No. 14 Tahun 2009 sebagai salah satu unsur penilaian angka kredit.

Karya Tulis Ilmiah yang dinilai dapat dikemas dalam bentuk buku dan naskah. Publikasi keduanya dapat melalui media cetak. Namun, khusus naskah dapat dipublikasikan melalui media elektronik. Media elektronik berupa website instansi atau lembaga yang telah terdaftar dalam ISSN (International Standard Serial Number) atau standar internasional nomor majalah. Seiring dengan perkembangan teknologi kini kita kenal aplikasi internet berupa blog. Blog yang merupakan singkatan dari web blog adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Namun untuk saat ini unduhan melalui blog pribadi belum dapat disetujui untuk mendapatkan angka kredit.


Penggunaan blog sebagai publikasi penulisan karya ilmiah sekalipun belum bisa diakui angka kreditnya dapat digunakan sebagai lahan untuk pengembangan profesi widyaiswara. Karakteristik blog yang dapat diakses dan dicomment oleh pengguna internet secara umum membuka peluang penulis untuk mendapat masukan dari masyarakat luas. Hal ini menguntungkan penulis karena mendapat bimbingan gratis dari para pembaca dan komentator. Dengan demikian kualitas tulisan akan semakin baik. Blog bisa dimanfaatkan sebagai media latihan menulis bagi para widyaiswara.

Kemudian, jangan khawatir harus mengeluarkan uang untuk membangun sebuah blog. Saat ini banyak sekali situs penyedia blog yang menyediakannya secara cuma-cuma. Cukup mendaftar saja maka blog dapat diakses secara luas. Selain itu untuk membangun sebuah blog tidak perlu keahlian khusus karena situs penyedia sudah menyiapkan semuanya dari lay out sampai opsi tampilan yang dapat kita pilih sesuka kita. Tinggal siapkan saja tulisan yang akan diposting kemudian publish maka tulisan dapat dilihat oleh pengguna internet di dunia yang mengunjungi blog Anda.

Bagaimana agar blog kita ramai dikunjungi. Banyak sekali tips yang dapat dicari melalui mesin pencari. Namun yang jelas, aktiflah menulis sehingga semakin besar peluang tulisan dibaca oleh orang lain.

Akhir kata, sebagai widyaiswara mari kita jelang era konvensional menuju era digital dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk pengembangan profesi kewidyaiswaraan. Hidup widyaiswara, keep blogging……

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 

Roam to Rome Blog- Moving to Italy, Travel, Studying in Italy.